Skip to content
5 March 2012 / RezaYellow46

Jet tempur dari masa ke masa

Sudah berapa tahun berlalu sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua?sekitar 67 tahun..

Sekitar 67 tahun juga sejarah panjang para prajurit besi di langit terbang.Pesawat jet sebenarnya sudah mulai berterbangan dari sekitar tahun 1910-an,tapi untuk pesawat jet tempur yang bisa benar-benar bisa bertarung baru muncul di tahun-tahun akhir perang dunia kedua

Berakhirnya perang dunia kedua tidak membuat perkembangan jet pembunuh berhenti sampai sekarang.Dan dari 67 tahun yang lalu,para burung besi tersebut sudah berevolusi begitu cepatnya.

Tahun 1940-an

ME 262

Inilah pesawat jet tempur pertama di dunia,dan pesawat yang paling ditakuti pasukan sekutu waktu itu.Lahir dimasa perang dunia kedua,pesawat milik Nazi Jerman itu jadi momok paling menakutkan bagi pilot di seluruh dunia.Dengan kecepatan hingga 855km/jam pada ketinggian 8.000 m,pesawat ini mampu mengejar setiap pesawat sekutu.Biarpun begitu,pesawat ini juga punya kelemahan.Kecepatannya yang begitu tinggi membuat pesawat ini sangat sulit dikendalikan bahkan oleh pilot berpengalaman sekalipun.

ME 262 sekarang

Tahun 1950-an

F-86 Sabre

Tak lama usai perang dunia kedua,dunia kembali terjebat ke dalam konflik Perang Dingin dan mulai memanas hingga terjadi Perang Korea tahun 1950-an. (link ke artikel sendiri tentang perang dingin)

Negara-negara industri maju dunia kembali terpacu menciptakan jet tempur canggih dan lebih baik dari generasi sebelumnya.Kecepatan menjadi faktor penting ketika para pilot veteran perang mendambakan pesawat tempur yang lincah,kecil dan cepat.

F-86 Sabre juga punya dua pesaing berat,yaitu

MiG-15 dari Uni Soviet

Dassault Mystere dari Perancis

Tahun 1960-an

MiG-21

Perang Vietnam yang terjadi sekitar tahun 1960-1970-an menjadi ajang pertempuran jet-jet tempur buatan Uni Soviet dan AS.Pada waktu itu,MiG-17 dan MiG-19 nya Soviet keteteran menghadapi F-4 Phantom II yang datang menggantikan F-86 Sabre.Tapi ketika Soviet berhasil memproduksi jet tempur MiG-21,dominasi F-4 Phantom II di perang Vietnam langsung digantikan MiG-21.

MiG-21 yang sanggup mengusung bom berkepala nukir di Perang Vietnam merupakan ancaman serius bagi AS.Peswat ini sebenarnya merupakan jet tempur pengembangan dari generasi sebelumnya,yaitu MiG-19.

Saingan berat

Mirage III dari Perancis

F-4 Phantom II dari AS

A-4 Skyhawk dari AS

Tahun 1970-an

Harrier

Teknologi semakin maju.Jet tempur yang ideal di kapal induk macam A-4 Skyhawk pun seolah tidak cukup.Maka lahirlah si “Jet Loncat” Harrier yang dirancang oleh militer Inggris.Pesawat ini mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal seperti helikopter,jadi lebih ideal untuk dipakai di atas kapal induk.

Jet tempur saingannya pada generasi ini adalah

MiG-21 dari Uni Soviet

MiG-25 dari Uni Soviet

F-4 Phantom II dari AS

Tahun 1980-an

Di dekade ini banyak jet-jet tempur canggih legendaris yang masih dipakai sampai sekarang.Sekaligus sebagai simbol kekuatan udara Blok Timur dan Barat pada masa itu.

F-15 Eagle

Jet tempur yang begitu dibangga-banggakan AS pada waktu itu memang punya kemampuan super pada masanya.Bahkan boleh dibilang salah satu jet tempur terbaik yang pernah diciptakan.F-15 adalah pesawat tempur taktis segala cuaca.Mampu membawa tangki bahan bakar cadangan dan persenjataan lengkap membuatnya pernah menjadi salah satu pengawal terbaik Air Force One.AS sebenarnya masih punya F-14 pada waktu itu,dengan kemampuan yang tidak kalah hebat dari F-15.Tapi sayangnya,prestasi F-15 masih lebih baik dari F-14 karena F-15 sebenarnya adalah penyempurnaan dari F-14.

Saingan berat

MiG-25 dari Uni Soviet

MiG-29 dari Uni Soviet

F/A-18 Hornet dari AS

Sukhoi-27 dari Uni Soviet

Sukhoi-27

Inilah jet tempur buatan Uni Soviet selain MiG-21 yang mampu membuat Blok Barat ketar-ketir.Sukhoi-27 memang diciptakan untuk mengalahkan F-15 buatan Amerika.Jet tempur ini juga satu-satunya jet tempur yang mampu melakukan manuver-manuver ekstrim yang tidak bisa dilakukan oleh jet tempur lainnya.Dan manuver yang paling fenomenal adalah “Cobra Manuver”

Manuver tersebut bukan untuk bersenang-senang di udara.Tapi berguna untuk ngerem mendadak di udara ketika musuh sedang bersiap mengunci sasaran.Ketika kecepatan pesawat turun drastis ketimbang pesawat musuh di belakang,otomatis pesawat musuhlah sekarang yang ada di depan dan jadi santapan empuk.

Selain itu juga,ada beberapa varian Sukhoi yang lebih baru seperti

Sukhoi-30

Sukhoi-33

Sukhoi-47

Saingan berat

F-15 dari AS

F-16 dari AS

Mirage 2000 dari Perancis

Eurofighter Typhoon dari Eropa (2003)

Ditahun 1990-an tidak banyak pesawat tempur generasi baru yang diperkenalkan.Meskipun Eurofighter Typhoon sudah dikembangkan dari tahun 1990-an dan secara resmi diperkenalkan tahun 2003 tapi kemampuannya masih tidak berbeda jauh dari jet-jet tua macam Sukhoi dan F-16,atau bahkan F-15.


Tahun 2000-an


Didekade ini,banyak perubahan besar dalam evolusi jet tempur.Pertarungan udara atau yang populer disebut “Dog Fight” bukan yang utama.Tapi keunggulan teknologilah yang terpenting.

F-22 Raptor

Kemampuan pesawat dengan teknologi “siluman” memang bukan yang pertama.Tapi mulai diaplikasikan pada jet tempur seperti F-22.Jet tempur ini juga berbeda dengan beberapa pendahulunya,dimana senjata seprti rudal dan bom berada di dalam pesawat.Ini dimaksudkan untuk memaksimalkan badan pesawat yang menggunakan bahan penyerap radar,sehingga sulit dideteksi musuh.

Pesawat yang sudah mulai dikembangkan tahun 90-an ini merupakan jet tempur kesayangan AS sampai sekarang.AS tidak pernah mau menjual F-22 ke negara lain,karena ditakutkan itu akan menjadi ancaman terhadap negara sendiri.Karena F-22 dirancang untuk menjadi jet fighter superior untuk menggantikan F-15 yang dulu pernah begitu superior.

Saingan berat

Sukhoi dan kawan-kawan dari Uni Soviet (ketika Uni Soviet pecah,Rusia sampai saat ini masih belum memperkenalkan jet tempur generasi baru)

Eurofighter Typhoon dari Eropa

F-35 Lightning II (2011)

Ini adalah salah satu jet tempur tercanggih didunia.Dengan kemampuan siluman,take-off vertikal macam Harrier dan peralatan radar juga piranti perang elektronik canggih macam F-22.Bisa digunakan disegala cuaca siang dan malam.Kalo boleh dibilang,jet tempur ini tidak punya lawan yang berarti saat ini.Perusahaan pembuatnya bahkan berani memprediksi bahwa F-35 akan menjadi jet tempur tanpa lawan sampai 40 tahun kedepan.Dan rencananya,angkatan udara AS akan memakai teknologi yang ada di F-35 untuk mengupgrade kemampuan F-22.

Kehebatan F-35

Pesawat ini adalah jet tempur serba bisa,pertarungan dari udara ke udara,menghancurkan musuh di darat,pesawat pembom.Karena perannya yang banyak,secara umum pesawat ini tidak sehebat F-22 untuk urusan berantem di langit.Jet ini juga dikembangkan oleh kerja sama antara Amerika,Inggris,Turki,Denmark,Italia,Belanda,Kanada,Australia dan Norwegia.

Saingan berat F-22 dan F-35 mungkin datang dari Rusia dengan Sukhoi T-50 yang masih dalam tahap uji coba

Sukhoi T-50 nantinya akan punya kemampuan siluman seperti F-22 dan F-35.

7 Comments

Leave a Comment
  1. Firalidya Hasibuan / Dec 18 2012 5:30 PM

    Salut buat rusia..
    Amerika punya yang tercanggih, rusia malah buat yang lebih canggih..
    Banyak yg bilang kalau Raptor adalah yg tercanggih, tpi dia belum tentu bisa mengalahkan Su-47 Rusia..
    Very Thanks buat infonya..

  2. Topan Gunawan / Jan 16 2013 4:12 PM

    Selain Sukhoi Pak Fa T-50 Rusia yang bisa menandingi Kedigdayaan Udara AS adalah Jet Tempur Siluman China, Chengdu J-20 dan Shenyang J-31. Tentu AS tidak bisa memandang sebelah mata dengan kekuatan udara China ini, selain di design untuk tidak dapat di deteksi oleh Radar, Jet-jet Tempur ini juga memiliki instrument Technology yang cukup tinggi dan masih terus dikembangkan…

  3. georgefransiscus / Feb 7 2013 11:14 AM

    Thank’s Ya gan
    Kalau Mau Lebih Kesini Aja

    http://pesawatterbangdunia.blogspot.com

  4. Ade rahman / Apr 10 2013 7:10 PM

    Terus emang amerika aja yg bs bikin pesawat rusia jg bs ko..tggu aj tgl main nya

  5. Fajri aprianto / Sep 9 2013 9:30 PM

    Semoga indonesia bisa sukses membuat pesawat tempur yang lebih canggih dari F-35 dan F-22. Gue akan membuat pesawat bernama F/A-24 cheetah pada tahun 2030 di produksi oleh McDONNEL DOUGLAS bisa menggunakan misil
    AIM-9 sidewinder dan
    AIM-120 AMRAAM
    dan udara ke darat

  6. renold kosta / Dec 1 2013 4:09 AM

    yg jelas jerman adalah pelopor pertama pesawat jet gnama ???

Any questions?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,469 other followers

%d bloggers like this: